Sunday, April 22, 2007

Arabic

Saat ini aku baru buat satu interactive CD, tentang bahasa arab. Kenapa ya aku bikin ini? Sebenernya keinginan aku ini muncul dari satu 'kemirisan' aku tentang sedikitnya orang yang mau melirik dan mempelajari bahasa arab. Sebenarnya sih itu bahasa halusnya, yang pengin aku bilang sih "orang islam tapi kok ga ngerti bahasa arab sama sekali? Padahal kitab suci kita kan Al-Qur'an, yang berbahasa arab. Gimana mau bisa memahami Al-Qur'an kalau bahasa arab ga dong??" hehe...gitu deh.

Yah, mereka ngga seratus persen bisa disalahkan juga sih, kan dalam dunia kerja yang biasanya diminta untuk bisa dikuasai sebagai kualifikasi calon pelamar kerja jarang ada(mungkin malah ngga ada) yang mencantumkan bahasa arab.

Sebenarnya sih ada banyak, menjamur al-qur'an yang disertai terjemahan, tapi berapa gelintir orang yang mau nyempatin baca terjemahnya? bisa dihitung dengan jari menurutku. Trus, belum banyak kursus bahasa arab, kalau ada juga kan biayanya ngga sedikit, bagi yang berkantung tipis seperti aku ini itu kan bermasalah juga. Trus, belajar sendiri, dari pengalaman aku (buat CD ini kan juga perlu nyari referensi buku-buku tentang learning arabic juga to) kebanyakan buku yang aku baca susah dimengerti. Trus, dari yang diajarkan di sekolah, dari pengalaman aku sendiri selama 6 tahun menuntut ilmu di madrasah, ngga banyak juga guru yang bisa membuat "dong" muridnya tentang yang diajarkannya. Dari 6 tahun di madrasah ini (Tsanawiyah+'Aliyah) cuma seorang guru yang bisa membuat aku "dong", padahal 6 tahun kan 6 tingkat dan setiap tingkat biasanya gurunya berbeda.

Nah, dari situlah terpikirkan ide ini.

No comments: